Update 'Tugas Apik' v01

Halo dunia, kembali lagi bersama saya ... ups, salah gaya presenter tv.
Akhirnya saya kembali lagi setelah vacum cukup lama dari blog. hehe. Hampir satu tahun tidak ada update terbaru. Awalnya sudah mengumpulkan niat yang banyak untuk mengubah tampilan blog dulu biar indah dan bikin betah yang baca, tapi karena masih mager untuk edit htmlnya jadi lama nggak update dan draft yang menumpuk-numpuk, haha.
Untuk update kali ini, saya belum mau mengeluarkan draft yang menumpuk dulu, masih rahasia.. hehe.
Mulai sekarang saya akan berusaha untuk lebih sering update tentang progress dari Tugas Asik, eh bukan, Tugas Apik maksudnya.. eh, bukan juga.. ehem, "Tugas Akhir"!
Katanya bapak dosen sih harusnya ngupdate blog di suatu situs blog resmi gitu dari jurusan, tapi sampai sekarang tak ada kabar. Memang benar kata kakak tingkat, nasib yang baru mengambil TA 1 di semester genap ini seperti dianaktirikan. Mohon maaf bapak dosen kalau saya blak-blakan, tapi ya beginilah curahan hati kami. Oke kembali lagi, jadi karena hal tersebut, saya ingin berinisiatif update sendiri, ya itung-itung curhat, di blog pribadi tentang asiknya si Tugas Asik ini, eh Tugas Akhir.

Let's begin the story!

Halo, again, Fitriana disini, bersama Ilma dan Anthony (selanjutnya akan disebut Kwo karna kita manggil dia dengan sebutan ini) ingin bercerita tentang bagaimana progress pengerjaan TA 1 kami. Bermula dari masa libur semester ganjil kemarin, kami sudah mulai bersatu dan sepakat untuk membentuk kelompok bersama. Awal semester genap, tepatnya tanggal 15 Januari 2016 kami semua mengikuti ujian komprehensif sebagai syarat mengambil mata kuliah TA 1. Alhamdulillah, lulus semua (soalnya jebret broh!) namun Ilma harus bersyarat 1 mata kuliah, yakni Sistem Komunikasi. Emang agak abstrak sih satu mata kuliah itu, hehe.
Seselesainya kami kompre, perkuliahan pun dimulai, TA 1 mulai. Kelas pertama diisi oleh Bapak Soni, dosen penuh motivasi, super sekaliiiiii... Angin segar untuk kami yang bisa dibilang pasti agak minder karena telat 1 langkah (1 semester) TAnya dibandingkan sebagian besar teman satu angkatan. Serasa mahasiswa berkebutuhan khusus, hehe. "Nggak apa kalian sekarang baru mengambil TA, nggak apa nggak lulus tepat waktu, yang penting di waktu yang tepat dan ilmunya dapat", Kalimat itu yang selama ini memotivasiku untuk sedikit demi sedikit mengurangi rasa minder di dada (dan rasa sedih sih lebih tepatnya). Dhuh, STOP! jadi curhat sendiri....
Okay, kembali ke TA 1, kami sempat digantungkan selama satu minggu berhubungan dengan pemilihan topik TA. "Ini kok nggak keluar-keluar sih infonya? Kita tahu dari mana coba?" "Mana nih kok gak jelas gini????" yaah gitulah, banyak keluhan dari kita. Hmm, nggak banyak sih, kita cuma ber-18 soalnya yang ambil TA 1 sekarang. Di kelas TA 1 selanjutnya akhirnya terjawab sudah pertanyaan-pertanyaan kami..

Jeng.. Jeng.. Jeng...

Bapak Kaprodi baru yang mengisi kelas. Kebetulan saya telat masuk kelas, jadi udah lama membahas dokumen-dokumen TA gitu, si B100 B200 B300 dst.... Bapaknya cuma sebentar bisa ngisi kelasnya, keburu ada perwalian sama dedek-dedek TPB imoetz.. Di akhir pembahasan, salah satu temen yang telat nanya, "pak judul lihat dari mana ya pak untuk milih?". Bapaknya menjawab, "Oke, sekarang kalian bentuk kelompok ya! Anggotanya 3 orang." Lalu, dengan gayanya yang khas, aseek, bapaknya menuju papan tulis dan menggeser papan tulis bagian depan "Sreeeeeetttttttttt". "Ini judulnya sudah saya tulis disini, silahkan dipilih masing-masing, kirim e-mail berisi nama anggota kelompok dan judul yang dipilih hari ini maksimal jam 5 sore nanti ya!"
MAMPUSSSSSSSSSSS...... padahal waktu kita kelas itu udah jam setengah duaan... haha. mana topiknya bener-bener topik tapa penjelasan lebih dalam dan tanpa nama pembimbing. Jadilah kami kajian singkat padat dan cepat siang itu karena keburu jam 3 saya dan Ilma ada kelas dan saya belum selesai ngerjain PR (deadliner emang anaknya, mohon maklum, hehe). Dan dapatlah topik Power Steering........ Kwo yang ngirim email ke bapak kaprodi. Katanya sih dari email itu akan dibales sama bapaknya siapa dosen pembimbing dan format dokumen awal B100, tapi lagi lagi kami diphp (maaf ya pak blak-blakan lagi, tapi ini saya jujur adanya). Akhirnya setelah diteror berkali-kali, dibalaslah email salah satu dari kami, mbak Puspa. Bapaknya pinter ya milih bales emailnya ke yang cakep aja, kasian yang cowok-cowok pada ga dibales, termasuk Kwo. hehehe (v^^).

Setelah sudah jelas siapa pembimbing masing-masing, mulailah gantian teror pembimbing untuk konsultasi. Kebetulan kelompok kami dapetnya pembimbing bapak mantan kaprodi, Bapak Arief Syaichu, dan Bapak Ary Setijadi. Setelah konsultasi, kami disuruh membuat grup facebook untuk mempermudah diskusi. Grup facebook terbentuk, bapaknya masuk, Timeline dari bapak pembimbing tercinta pun keluar. jeng jeng jeng... timelinenya per minggu btw. Alhamdulillah, jadi teratur dan ada target capaian. Video-video pun juga mulai banyak dipost oleh bapak dosen pembimbing tercinta. Mulai deh kita studi literatur dan mengerjakan dokumen awal B100 sedikit demi sedikit.

Alhamdulillah berprogress, walaupun awalnya sulit sekali untuk kumpul karena ada yang sakit, ada yang pulkam waktu long weekend karna merayakan tahun baru imlek, dan ada yang kadang mager kayak saya ini nih, hehe.. Semoga keberjalanan Tugas Akhir kami bisa lancar sampai nanti akhir tahun 2016 dan sidang di awal tahun 2017. Sekarang kami masih progress menyelesaikan dokumen B100 dan B200, juga belajar bahasa pemrograman seperti yang diminta bapak dosen pembimbing tercinta. Sayangnya belum sempat nyobain alat Power Steering yang sudah ada, tapi sedang dalam progress menghubungi bapak dosen yang bersangkutan. Mohon doanya ya para pembaca, semoga semua urusan kalian juga dilancarkan... Aamiin..

oiya, skip, belum cerita output TA yang diminta seperti apa. Jadi kan topiknya Power Steering, nah kami diminta bikin prototype power steering yang sistemnya sudah steer-by-wire gituuu, yang nantinya akan dicobakan di molina rancangan dosen dosen ITB. semoga bisa jadi dan hasilnya cukup memuaskan sesuai dengan yang diminta. Bismillah...

Komentar

Postingan Populer