Wanita itu...

Sudahkah kita semua menjadi seorang "wanita"? yakinkah kita kalo kita udah pantas disebut sebagai seorang "wanita"? kalo sudah, sudah tahu belum seorang "wanita" itu mesti ngapain aja? sudah tahu belum peran seorang "wanita" itu? hayooo bingungkan jawabnya? repotkan? saya juga -_-"

Tapi kawan-kawanku, disini saya nggak mau curhat banyak-banyak atas kebingungan saya itu, disini saya mau berusaha cerita nih jawaban-jawaban saya atas beberapa pertanyaan yang memang saya ajukan untuk diri saya sendiri.

Pernah nggak terlintas di benak kalian kawan-kawanku, terutama para muslimah, suatu pertanyaan apa bedanya gadis, perempuan, wanita, cewek? apa itu hanya beda huruf dan pengucapan serta kalangan yang menggunakan istilah tersebut atau memang pengertian atau maknanya berbeda? berikut ini saya iseng nyari artinya di KBBI dan didapat beberapa pengertian :

wanita /wa·ni·ta/ n perempuan dewasa: kaum -- , kaum putri (dewasa);
gadis /ga·dis/ n 1 anak perempuan yg sudah akil balig; anak dara; 2 anak perempuan yg belum kawin; perawan; 3 binatang yg belum beranak atau bertelur; dara: ayam --; lembu --;spt -- sudah berlaki, pb anak perawan yg tingkah lakunya kurang baik (pemalas, pengotor, dsb);bagai -- jolong bersubang, pb sombong atau sangat riang (krn baru saja menjadi kaya, berpangkat tinggi, dsb);
perempuan /pe·rem·pu·an/ n 1 orang (manusia) yg mempunyai puki, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui; wanita;2 istri; bini: -- nya sedang hamil; 3 betina (khusus untuk hewan);bunyi -- di air, pb ramai (gaduh sekali);
cewek /ce·wek/ /céwék/ n cak sebutan kpd wanita atau perempuan yg masih muda (gadis):

hhmm ternyata intinya sama ya kawan-kawan...

Nah, saya nggak tahu nih kenapa jadi nulis pengertian-pengertian gitu padahal tujuannya pingin bahas tentang peran wanita itu apa.. hehe..
biar nggak semakin jauh dari tujuan, sekarang kita bahas langsung aja deh tentang peran wanita.

Menurut saya, wanita itu luar biasa.. bisa luar biasa baiknya bisa luar biasa nggak baiknya juga... Wanita itu indah... Wanita itu ya kita ini wahai kawan-kawan muslimahku.. Sebagai seorang wanita udah pada tahu belom nih peran kalian sebenarnya yang harus dijalankan? 

Mulai dari yang paling kelihatan deh, wanita sebagai seorang ibu... ibu itu jabatan yang paling mulia dibandingkan jabatan seorang presiden ataupun penguasa dunia. Avatar aja yang bisa nguasain 4 elemen dan selalu menjaga dunia dari serangan negara api pasti juga nggak ada apa-apanya kalo dibandingin sama ibunya.. haha *abaikan
Kembali fokus, apa jadinya seorang anak tanpa didikan dari sesosok wanita yang kita sebut ibu? kalo nggak ada wanita, siapa yang melahirkan presiden? siapa yang melahirkan para tokoh dunia yang hebat-hebat itu? siapa yang melahirkan avatar? *eh.. Yang paling penting, siapa yang melahirkan kita kalo nggak ada wanita?
Keren banget kan kawan? :D

Wanita itu jadi pendidik terbaik juga lho kawan.. bayangkan kalo dari kecil ibu nggak pernah ngedidik anaknya, pasti anaknya nggak bener deh kayak di berita-berita itu... Makanya wanita itu bisa jadi pelopor perubahan dunia melalui pendidikan dasar yang dia berikan pada anak-anaknya semenjak lahir hingga mengubah dunia... Wanita atau seorang ibu memiliki peranan sangat penting dalam pendidikan dasar di keluarga. Pendidikan moral di keluarga itu gabisa didapetin di sekolah lho semahal apapun sekolah itu. Keren kan peran wanita itu, walopun tidak terlihat wujudnya secara langsung, tapi perubahan dunia itu berawal darinya, dari pendidikan yang dia berikan pada anak-anaknya. Sebagai seorang ibu, wanita itu sangat dihormati dan dijunjung tinggi kehormatannya. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda juga kan, ketika ada seorang sahabat yang bertanya kepada siapa dia harus berbakti lebih dulu kemudian Rasulullah menjawab Ibumu hingga 3 kali baru ayahmu. Terus waktu zamannya Khalifah Umar pernah ada seorang wanita yang dinilai dilecehkan di pasar, Umar r.a. langsung memerintahkan kaum muslimin untuk melindungi wanita itu dan memberikan pelajaran pada sang pelaku, betapa terhormatnya seorang wanita itu :')

Walopun udah keliatan sangat mulia, sangat baik seorang wanita itu dengan menjadi sesosok ibu para pengubah dunia, jangan lupakan juga peran kita sebagai hamba Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Sebagai hamba-Nya kita, wanita, jangan sampai lupa untuk tetap menjaga diri, menjaga iman kita. Wanita itu hebat tapi juga lemah dan rapuh. Wanita itu hebat, laki-laki mana sih yang nggak takluk pada pesona seorang wanita, seorang tokoh besar pun dengan sekejap mata bisa takluk pada seorang wanita. Sudah banyak contoh kasus di berita-berita gitu para lelaki yang dibutakan oleh pesona seorang wanita. Nah, karena kehebatan itu makanya kita lemah dan rapuh. Oleh karena itu kawan-kawanku para muslimah jangan sampe salah dalam menjalankan peran kita. Ingat! Kita ini hebat, tonggak perubahan dunia dengan pendidikan moral spiritual yang kita berikan pada anak-anak kita kelak, tapi kita ini juga bisa jadi tonggak kerusakan dunia karena pesona yang tidak kita jaga yang bisa membutakan "mata hati" orang. Maka dari itu sebagai seorang muslimah yang baik, kita harus bisa manjaga diri, menjaga iman kita, istiqomah di jalan Allah SWT, menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Jadilah seorang muslimah yang selalu menebarkan kebaikan dimanapun kita berada. :)

with love,
Fitriana NH Aji Pramesti

Komentar

Postingan Populer