Jangan Minder, Kamu Cantik!


Udah nonton video itu? Apa tanggapan Anda? Yap, actually you are more beautiful than what you think. Saat sesorang menilai dirinya sendiri terutama penampilannya, terkadang mereka akan merasa kurang PD atau bisa dikatakan minder dan tidak percaya diri dengan dirinya. Namun, penilaian orang lain biasanya akan berbeda, seperti bisa ladies lihat di video diatas. Ladies, kalian lebih percaya yang mana? penilaian kalian sendiri yang padahal kalian pun nggak bisa lihat penampilan kalian sendiri kecuali di depan cermin, padahal terkadang cermin itu kadang bohong lho :P, atau penilaian orang di sekitarmu yang dengan sangat jelas dapat melihatmu menggunakan indra penglihatan anugrah yang sempurna dari Yang Maha Kuasa?? Masih mau mengelak? Memang manusia terkadang bisa saja berbohong, tapi nggak semua orang pasti bohong kan? Probabilitas kebohongan orang yang baru saja bertemu dan berkenalan denganmu dalam mendeskripsikan seperti apa kamu itu sangat kecil.

Ketika menonton video ini, kupikir akan ditonjolkan pembahasan kemampuan tentang sang pembuat sketsa yang dapat membuat gambar sangat mirip dengan aslinya, tapi ternyata bukan. Poin utamanya adalah tentang kepercayaan diri dari para volunteer yang wajahnya akan disketsakan oleh sang pembuat sketsa. Oleh sang pembuat sketsa, proses pembuatan sketsa dilakukan sebanyak dua kali dengan metode yang berbeda. Metode pertama sang pembuat sketsa meminta deskripsi dari setiap objek sketsa tentang diri mereka sendiri tanpa melihatnya lalu meminta mereka untuk berkenalan dengan objek sketsa lainnya. Metode kedua dilakukan pembuatan sketsa dengan berdasarkan deskripsi dari objek sketsa lainnya (orang lain) yang baru saja berkenalan.  Di akhir ketika para "objek sketsa" diajak melihat kedua hasilnya mereka pun tertegun, saya pun juga (melihat dari video ini). Ternyata hasil sketsa berdasarkan deskripsi pribadi bisa dibilang kurang bagus apabila dibandingkan hasil sketsa dari deskripsi dari orang lain. Sungguh menakjubkan, mereka berkaca-kaca saat melihat hasil-hasil sketsa tersebut. Siapa yang sangka ternyata di pandangan orang lain kita bisa dibilang jauh lebih baik dari yang kita pikirkan. Kita terlalu kurang percaya diri pada diri kita. Kita masih merasa terlalu banyak kekurangan yang ada pada diri kita, padahal ternyata itu hanya pikiran negatif kita saja. Berdasarkan pandangan orang lain kenyataannya kita tidak seburuk seperti apa yang kita pikirkan. Maka dari itu marilah mulai sekarang untuk selalu berpikir positif, selalu percaya diri, kurangin rasa minder pada diri kita. Setiap orang diciptakan oleh Sang Pencipta dengan keunikannya masing-masing. Tidak ada orang di dunia ini yang benar-benar sama persis, bahkan bayi yang lahir kembar identik pun pasti memiliki perbedaan. Percayalah setiap dari kita itu unik, dan keunikan itu tak ada orang lain yang memilikinya seperti kita. Tetaplah selalu berfikir positif, karena pikiran kamu juga nantinya yang akan membentuk kamu seperti apa di mata orang lain.

Malu dan rendah hati itu harus ada, tapi jangan sampai rasa itu berlebihan sehingga membuatmu rendah diri serta kehilangan percaya diri. Segala yang berlebihan itu juga tidak baik, maka jadilah orang yang wajar-wajar saja apa adanya dan tidak berlebihan dalam sesuatu. :)

Komentar

Postingan Populer